Jumat, 18 November 2016

Resensi Novel Poconggg Juga Pocong



POCONG MODERN



1.      IDENTITAS BUKU
Judul                     :   Poconggg juga pocong
Penterjemah          :      –
Penerbit                 :   bukune, Jakarta
Tahun Terbit          :   2008
Penulis                   :   Muhammad Arief
Kategori                :   Komedi
Cetakan                 :   ke-13, 2011
Tebal                     :   142 + vi hlm ; 13 × 19 cm
Harga Buku           :   Rp 20.000,-
ISBN                     :   602-220-002-4

2.      KEPENGARANGAN
Arief Muhammad, lahir dengan nama Muhammad Arief Yakoeb di Batam, 26 Oktober 1990; umur 26 tahun. Akrab dipanggil pocong adalah seorang penulis asal Indonesia. Di Indonesia, Arief yang berdarah Minangkabau ini dikenal sebagai selebriti Twitter, Youtubers dan penulis buku jenaka. Buku pertamanya yang berjudul Poconggg Juga Pocong masuk kategori best seller. Buku tersebut menampilkan kehidupan seikat Pocong yang galau tetapi senang menghibur. Blognya diberi judul www.poconggg.com dan mulai aktif sejak bulan Oktober 2010. Sampai saat ini, blog tersebut telah dikunjungi lebih dari 3 juta orang. Pada tanggal 16 September 2016, Arief Muhammad menikah dengan Tiara Pangestika
Awalnya Arief Muhammad membuat sebuah akun twitter dengan nama Poconggg pada tahun 2009. Sambutan masyarakat Indonesia sangat baik terhadap akun tersebut. Hal ini terlihat dari banyaknya orang yang tergila-gila dan rela melakukan apa saja untuk Poconggg
Kemudian ia membuat blog yang diberi nama www.poconggg.com pada tahun 2010. Pada tahun 2010 pula ia mulai menulis sebuah buku berjudul Poconggg Juga Pocong yang akhirnya terbit pada bulan juni 2011. Karena penjualan bukunya yang sangat baik, buku tersebut akhirnya diangkat ke layar lebar oleh salah satu production house ternama di Indonesia, Maxima Pictures. Selain sebagai pemilik hak cipta buku, ia juga dilibatkan untuk menulis skenario film tersebut.
Awalnya tidak ada satupun orang yang mengetahui identitas dibalik akun Poconggg. Barulah pada bulan september 2011, identitas Poconggg yang notabenenya adalah Arief Muhammad pun dibongkar oleh orang yang sampai sekarang tidak ketahuan identitasnya. Poconggg adalah salah satu akun twitter fenomenal di Indonesia. Tak jarang kicauannya menjadi trending topik kawasan dunia. Penggemarnya pun sangat banyak. 
Setelah identitasnya terbongkar, Arief Muhammad pun menjadi sangat dikenal. Ia sering mengadakan talkshow, baik di mal maupun sekolah-sekolah. Ia juga sering diundang untuk menjadi pembicara untuk membicarakan tentang dunia penulisan dan sosial media. Selain itu, ia menjadi sering masuk berita dan majalah-majalah nasional.
Tidak berhenti sampai di situ, pada bulan Oktober, Arief Muhammad dipilih untuk membawakan sebuah acara talkshow di salah satu televisi swasta Indonesia, Trans TV. Di acara itu Arief Muhammad dipercaya sebagai Host
Pada bulan Desember 2011, Arief Muhammad bersama Raditya Dika membuat sebuah situs anak muda yang bernama www.nyunyu.com. Situs ini resmi dikeluarkan pada tanggal 3 februari 2012. Arief memimpin langsung situs tersebut.
1.    Karya tulis:
    Novel: 2011 - Poconggg Juga Pocong
2.    Filmografi:
    Host: The Hits (2011)
3.      Pemeran:
    Koala Kumal (2016)
4.      Penulis scenario
    Poconggg Juga Pocong (2011)
5.      Bisnis
    CEO dan Founder Sate Oppai Yakitori

6.      SINOPSIS
Poconggg tidak seperti pocong-pocong kebanyakan. Sebagai pocong pendatang baru, Poconggg dianggap sebagai pocong cupu karena penakut dan -yang paling memalukan- Poconggg merupakan satu-satunya pocong yang tidak mampu menakuti manusia dan malah takut dengan sesama hantu. Anjaw -pocong senior- dan 4 anggota geng pocong sering mengintimidasi Poconggg dan membuat hari-hari Poconggg tidak berjalan lancar.
Untungnya, ada Kunti, kuntilanak paling cantik dan gaul, satu-satunya hantu yang membantu Poconggg beradaptasi dan akhirnya menjadi sahabatnya. Lebih dari itu, Kunti juga menjadi sosok hantu yang selalu menjadi tempat Poconggg berkeluh kesah ketika ia sedang diusili Anjau atau sedang galau karena Sheila.
Sheila, perempuan yang paling Poconggg sayang. Sayangnya, hubungan pertemanan -yang akhirnya berkembang menjadi rasa suka, harus berakhir tragis. Poconggg belum sempat menyatakan perasaannya. Poconggg berupaya menyampaikannya, tetapi dunia yang berbeda membuat segalanya tidak mudah. Untungnya, Poconggg tidak sendirian, ada Kunti yang senantiasa membantunya. Ada Kunti yang menjadi tong sampah Poconggg ketika ia galau melihat Adit, senior Sheila di kampus yang mulai melakukan pendekatan ke Sheila.
Kepribadian Poconggg yang penakut membuat semuanya menjadi rumit. Anjaw yang usil. Kunti yang baik tapi galak. Dunia Poconggg dan Sheila yang sudah berbeda. Semuanya membuat Poconggg galau.

7.      UNSUR INTRINSIK
1)      Tema :
Cinta beda dunia yang kocak antara Poconggg dan cewek yang disukainya yaitu Sheila. Pocong yang merasa gagal sebagai setan untuk menakuti manusia.

2)      Tokoh :
a.       Pocongg
b.      Sheila
c.       Kunti
d.      Anjjaw
e.       Adit
3)      Sudut Pandang :
Sudut pandang penulis dalam buku ini yaitu penulis sebagai orang pertama.
4)      Setting: Perumahan, bioskop dan kuburan.
5)      Alur : Campuran (maju-mundur)
6)      Amanat :
Sebenernya novel ini tanpa amanat, tapi setelah saya baca dan saya simpulkan sendiri bahwa pesan moral yang ada dalam novel ini kurang lebih seperti :
a.       Tembaklah orang yang anda cintai walau itu sulit.
b.      Jangan takut ditolak, karena jika ditolak kita tinggal ucapkan "April Mop"
c.        Jika diterima berarti anda memang beruntung.
7)      Sudut Pandang: Orang Pertam
8.      UNSUR EKSTRINSIK
1)      Gaya Bahasa: bahasa sehari-hari
2)      Nilai: Nilai sosial.
9.      KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelebihan dari Novel :
1.      Kelebihan novel ini sangat menarik, kocak dan jenaka sehingga berbeda dengan novel-novel pada umumnya.
2.      Menggunakan bahasa sehari-hari. Kekonyolan yang lucu pun tidak terkesan dipaksakan. Kekonyolannya pun cenderung baru, karena menggunakan pocong sebagai tokoh utama.
3.      Gaya penceritaannya pun santai dan diiringi humor.
4.      Penyampaian ceritanya menarik
Kekurangan dari Novel :
1.      Kekurangan novel ini, isinya lebih sedikit dibandingkan dengan novel-novel komedi lainnya sehingga para pembaca yang sudah membaca novel ini sering beranggapan kalau buku tersebut lebih cocok disebut cerpen atau cerita pendek
2.      .Alur yang agak tidak urut. Bukunya pun menggunakan kertas buram, jadi kualitasnya tidak seberapa bagus.

10.  KRITIK DAN SARAN
Ada beberapa bagian yang emnggunakan bahasa yang kata kasar, saran saya bahasa yang kasar itu dapat diperhalus tanpa mengurangi kelucuan.
11.  KESIMPULAN
Buku ini bisa dibaca oleh semua kalanganumur karena bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga kita dapat dengan mudah memahami isi buku ini. Kejenakaannnya dalam menulis juga dapat memancing para pembacanya untuk tertawa.

1 komentar: