Selasa, 19 April 2016

Pidato Lingkungan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yth. Teman- teman yang sempat hadir dan yang menyempatkan hadir
  Tiada kata hilang untuk memanjatkan puji dan syukur kepada Allah. Yang telah memberikan rahmat yang cukup bagi kita semua. Sehingga memberikan kesempatan untuk tetap menghirum udara sejuk.
Dengan lukisan lukisan yang sedemikian menariknya yang telah Dia tata rapi tanpa ada seikitpun noda yang menggangu lukisan tersebut yang sejuk. Sehingga kita dapat tinggal lukisan-Nya. Walaupun ada tangan – tangan kecil yang ingin merusaknya.
Andaikata saya bisa berjumpa dengan-Nya sekarang saya akan ingin berterima kasih atas segala mahaa takjub lukisan yang Dia perbuat. Dan juga saya akan meminta maaf kepadan-Nya karena sebab saya lah juga lukisan ini menjadi buruk dengan berbagai udara yang sangat menggangu. Itulah tema pidato saya sekarang PENCEMARAN UDARA.
Lingkungan kita dulunya yang sangat sejuk bersih. Namun setelah datangnya para pemberontak elektronik yang memiliki bahan bahan berbahaya yang selalu ingin menyakiti bumi dan isinya. Itu juga disebabkan oleh tangan penghuni lukisan tersebut.
Lingkungan. Pencemaran lingkungan atau polusi adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.
Sangat memprihatinkan jika kita menghirup udara yang sangat buruk. Diakibatkan oleh suatu zat atau bahan yang kadarnya melebihi serta berada pada waktu dan tempat yang tidak tepat, sehingga merupakan bahan pencemar lingkungan, misalnya: bahan kimia, debu, panas dan suara. Yang dapat menyebabkan lingkungan menjadi tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan akhirnya malah merugikan manusia dan makhluk hidup lainnya. Gas dan asap berasal dari hasil proses pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna, yang dihasilkan oleh mesin-mesin pabrik, pembangkit listrik dan kendaraan bermotor pun menimbulkan polusi.
Saran saya dalam hal ini kita harus mengurangi menggunakan bahan bakar untuk kendaraan. Penggunaan mesin pabrik, pembakaran hutan secara liar. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah yang sangat fatal.
Seperti satu hal ini dari segi pertanian dan perkebunan pencemaran udara juga sangat berpengaruh, kurangnya lahan hijau yang menjadi tempat pohon-pohon untuk melakukan proses fotosintesis karena Tanaman yang tumbuh di daerah dengan tingkat pencemaran udara tinggi dapat terganggu pertumbuhannya dan rawan penyakit, menjadikan sirkulasi udara kita berkurang, dan menjadikan udara kotor dan tidak baik untuk kita hirup. orang-orang sudah tidak dapat menikmati udara sehat lagi, setiap hari harus bertemu dengan asap, aktivitas sosial juga terhambat dan lain-lain. Pencemaran udara dapat mempengaruhi tingkat belajar para pelajar, mereka terhambat dalam hal berpikir dan juga dalam menyelesaikan satu permasalahan. Terjadinya gangguan pernafasan seperti radang paru-paru, mengganggu kesehatan kulit resiko penyakit kanker kulit, meningkatkan kambuhnya penyakit asmanya & batuk-batuk dan polusi udara karena asap kebakaran hutan bisa mengganggu pandangan.
Maka dari hal ini marilah kita melindungi diri kita dan orang lain terhadap bahaya polusi udara, dengan melakukan hal ini yaitu pabrik melakukan pengolahan terhadap asap pabriknya sebelum di buang ke udara bebas dengan cara dicuci. Mengurangi berkendaraan motor yang menggunakan bahan bakar yang sedikitnya mencemari udara, seperti bahan bakar gas atau bahan bakar sinar matahari. Bagi kendaraan bermotor sebaiknya menggunakan jalan-jalan di pinggir kota. Atau kita bisa menggunakan sepeda agar lebih mengurangi polusi udara.
Dengan melakukan penghijauan di kota karena terdapat banyak bangunan tinggi dan kendaraan menyebakan pencemaran lingkungan, karena tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan oksigen pada siang hari di samping menyerap karbon dioksida dari udara. Oleh alam, hujan yang turun menyebabkan kotoran di udara berkurang dan angin akan menyebabkan kotoran di udara tersebar luas, sehingga tidak terkonsentrasi pada daerah tertentu. Ayo kita melakukannya bersama – sama!
Maka dari itu teman- teman sekalian sudahlah menjadi hal penting bahwa pencemaran lingkungan ini sangat memprihatinkan. Karena kesadaran teman- teman sekalian juga yang menjadi kunci utama hal ini.
Tak akan banyak lagi yang akan kusampaikan karena hanya akan kututup dengan senyuman rindu kepada teman teman dan lagu untuk bumi kita oleh Susilo Bambang Yudhoyono SBY


Nun jauh disana, diujung dunia
Aku datang, menjinjing harapan
Bersama kawanku, umta hamba Tuhan
Bersatu untk kelestarian alam

Bumi kita ini, taman kehidpan
Hutan dan lautan, direlung langit biru
Maari kita bersama, cegah kerusakan
Bersatlah wahai bangsa sedunia


Bersatu, bersatulah  kawan
Bersatu dunia, untuk bumi kita
Lakukan, mari kita lakukan
Bergandengan tangan, untuk menjaganya
Tengadahkan tangan mohon pada Tuhan
Selamatkanlah anak cucu semua



Ada kata “Maari kita bersama, cegah kerusakan” ayo kita cegah kerusakan seperti mengurangi polusi Terima kasih Wasslamualaikum warahmatullah 


2 komentar: