Selasa, 01 Maret 2016

Contoh Argumentasi Sistem Pencernaan

Argumentasi Sistem Pencernaan 
Didalam tubuh kita terdapat sistem pencernaan yang begitu baik dan penting. Yang berfungsi sebagai komponen yang membantu kita dalam menjalani hidup. Yang setiap waktunya bekerja agar tenaga kita untuk melakukan sesuatu bisa berjalan.
Dari sebuah buku yang saya baca yaitu “ Ensiklopedia Sains : Tubuh Kita. ” Saya mengetahui bahwa sistem pencernaan manusia sangatlah luas. Sistem pencernaan ini mampu mencerna makanan yang polanya seimbang menjadi lebih baik. Namun jika makanannya kurang sehat maka kan terjadi gangguan pencernaan. ”
Panjang jalur pencernaan kita sampai 9 meter. Makanan, dalam perjalanan pencernaannya akan menempuh 2 hari. Sistem pencernaan pada manusia beragam – ragam yaitu lambung, usus halus, usus besar, rectum dan anus. Lambung dan pankreas membuat 2 liter cairan pencernaan setiap hari, makanan yang berada di lambung akan diubah menjadi bubur karena enzim. Nutrisi dari makanan akan diserap oleh lapisan usus halus menuju darah yang mengalir melaui dindingya. Panjang usus halus adalah 6. Menuju usus besar yang memiliki panjang 1,5 meter, untuk memilah kembali hasil pencernaan. Disini terjadi penyerapan air dengan jumlah yang terbesar daripada organ lain dan terjadi proses pembusukan sisa-sisa makanan dengan bantuan bakteri. dan kebawa ke-Rektum dan anus.
Dengan memakan makan yang sehat kita dapat berupaya menghilangkan gangguan pencernaan tersebut. Karena  makanan yang sehat akan diolah menjadi nutrisi bagi tubuh kita agar bisa beraktifitas. Tetapi sistem pencernaan juga tidak bisa mengkonfirmasi makanan yang tidak sehat.
Hal inilah yang menarik untuk dibahas bahwa makan tidak sehat malah harus dihindari karena bisa sja terkandung bahan kimia  padahal seharusnya justru penggunaan bahan kimia harus dihindari.
Salah satu makanan dan minuman yang tidak sehat adalah mie instan, makanan cepat saji, makanan beku, makanan ringan, soda, teh dan kopi kemasan botol. Yang didalam terdapat bahan kimia yang berbahaya.
Bahan kimia dengan berbagai kerusakan yang siap mengancam sudah seharusnya diganti dengan menggunakaan bahan yang lebih ramah untuk diolah ke pencernaan  misalnya penggunaan buah seperti alpukat atau aggur dan  sayuran seperti brokoli, nasi, yang banyak mengandung vitamin dan protein yang sangat baik untuk pencernaan .
Tentu ini bisa dijadikan sebagai bahan diskusi kita bersama mengingat buah dan sayuran tersebut mudah diperoleh dan harganya yang juga tergolong murah. Dan hal yang paling penting dengan penggunaan buah dan sayuran tersebut mampu mengurangi banyaknya bahan kimia yang terendap dalam tubuh kita.
Dan dari sisi yang lain, selain sebagai pemenuhan untuk sistem pencernaan cepat berproses buah- buahan dan sayuran tersebut juga mengandung vitamin dan nutrisi lain yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.
Mengenai cara penggunaan buah dan sayuran tersebut sangatlah mudah. Dapat diminum sebagai jus atau dimakan langsung sebagai bahan yang segar untuk kesehatan kita.  Dan juga jika sistem pencernaan kita lebih baik jika makan sesuatu kita harus mengunyah selama 30 kali.
Jadi,  dapat saya simpulkan bahwa memang sangatlah penting untuk menjaga kesehatan bagian- bagian tubuh kita. Namun, yang lebih  penting adalah kita harus tetap memperhatikan hal- hal yang kita gunakan untuk perlindungan tersebut karena jangan sampai kita berniat untuk mengobati suatu penyakit/ masalah. Tapi, malah menghasilkan masalah yang lain.
Itulah sedikit pemaparan singkat tentang sistem pencernaan yang merupakan faktor yang sangat penting dalam tubuh kita mengingat perannya sebagai mengubah makanan menjadi nutrisi.  Dan tentunya kita harus menjaga kesehatan kita dan makan makan yang seimbang


Rifdah Inayah Askin



1 komentar: